PENGEMBANGAN KREATIVITAS SENI PADA JENGJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PAUD

Posted on

PENGEMBANGAN KREATIVITAS SENI PADA JENGJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PAUD, TK, RA, KOBER

berkaspaud – Seni berperan sebagai wahana pemnelajaran berbagai bidang pembelajaran di TK/PAUD, maka dari itu Seni terintegrasi di semua bidang pengembangan pembelajaran. Berdasarkan PP Nomor 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, program Pembelajaran TK, RA dan bentuk lain yang sederajat dilaksanakan dalam konteks  bermain yang salah satunya tercakup dalam kelompok bermain dalam rangka pembelajaran estetika, dimana pembelajaran estetika di TK, RA dan bentuk lain yang sederajat dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan diri dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni yang terwujud dalam tingkah laku keseharian.

PENGEMBANGAN KREATIVITAS SENI PADA JENGJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PAUD
Skenario Pembelajaran Pengembangan Kreativitas Seni

DOWNLOAD : 

 

Seni memliki arti sebagai Hasil atau proses kerja dan gagasan manusia yang melibatkan kemampuan terampil, kreatif, kepekaan indera, kepekaan hati dan pikir untuk menghasilkan suatu karya yang memiliki kesan keindahan, keselarasan, bernilai seni dan lainnya. Sumanto (2005)

Pendidikan Seni di TK

Pendidikan Seni di TK memiliki peranan yang penting sebagai upaya pengenalan dan pembinaan daya ekspresi, imajinasi, kreasi, rasa estetis dan artistik dalam suasana  bermain kreatif dan memperhatikan kebutuhan dan perkembangan anak untuk mencapai kecerdasan emosional, intelektual dan kreativitas.

Seni dan Pembelajaran

Sebagai sarana pembentukan kemampuan kreatif.
Sarana pengembangan kemampuan berapresiasi.
Sebagai wahana berekspresi.
Sarana pembentukan keterampilan.
Sebagai sarana pembentukan kepribadian.

PENGEMBANGAN KREATIVITAS SENI PADA JENGJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PAUD

Bidang pengembangan seni mencakup kemampuan mengekspresikan diri melalui media kreatif, seperti menggambar dengan pensil, melukis dengan cat, merobek, membentuk dengan plastisin, kemampuan mengekspresikan gerak maupun membuat alat musik serta menciptakan permainan sendiri dengan media pasir, air, atau bermain peran.

Untuk memahami lebih dalam lengkap dengan KI dan KD dari pendidikan seni di PAUD/TK /RA ini, silahkan download Modul pembelajaran Seni untuk Pendidikan Anak Usia Dini di bawah ini :
 
PENGEMBANGAN KREATIVITAS SENI DI PAUD/TK/RA [DOWNLOAD DISINI]
Demikian PENGEMBANGAN KREATIVITAS SENI PADA JENGJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PAUD semoga bermanfaat dan menjadi bahan pengembangan dalam Pembelajaran pada PAUD/TK/RA/KOBER ayah bunda sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *